Saturday, March 22, 2014

Tips Buka Toko Baju Online


Internet, sosial media, dan kecanggihan teknologi memang memudahkan segalanya, termasuk dalam membuka usaha sendiri. Jika Anda memutuskan menjadi ibu rumah tangga dan ingin mencari penghasilan tambahan tanpa harus mengorbankan banyak waktu, membuka toko baju online bisa jadi sebuah pilihan yang tepat. Berikut ini sejumlah tips yang dirangkum dari moonfruit.com agar bisa langsung meraup sukses dari usaha toko baju online.

1. Tentukan Unique Selling Point Usaha Anda
Anda bisa mencoba membuat daftar tentang sejumlah alasan mengapa orang tertarik dengan produk-produk yang Anda jual, seberapa unik produk yang Anda jual, dan apa yang membuat produk Anda berbeda dari lainnya.

2. Buat Nama Toko yang Pas dan Mudah Diingat
Anda akan kesusahan mencari pelanggan jika nama toko baju online Anda terlalu susah untuk diingat. Nama toko Anda sebaiknya menggambarkan keseluruhan produk yang Anda jual. 

3. Buat Riset Perbandingan Harga
Butuh waktu khusus untuk melakukan riset harga dan riset pasar. Anda harus mencari tahu siapa saja pesaing Anda di industri yang sama dan cek harga dari barang-barang yang dijual mereka.

4. Buat Toko Online yang Rapi
Mudahkan pelanggan Anda dengan kolom kategori produk di toko online Anda. Dengan begitu, pelanggan Anda bisa dengan mudah mencari barang yang mereka inginkan dan tak butuh waktu lama untuk memutuskan untuk membeli produk Anda.

5. Buat Deskripsi Produk yang Unik
Jika Anda menjual baju-baju untuk ibu hamil misalnya, Anda bisa memberikan deskripsi produk berdasarkan artis siapa saja yang pernah memakai desain baju hamil yang Anda jual. Pastikan deskripsi produk benar-benar jelas agar pelanggan tidak merasa tertipu atau bingung mencari produk yang tepat. 

6. Visualisasi yang Menarik
Gambar atau visualisasi produk baju yang Anda jual harus semenarik mungkin. Untuk baju-baju yang Anda jual, pastikan Anda juga memperjelas berbagai aspek produk tersebut seperti pola kain, bahan kain, corak warna, dan sebagainya. Akan lebih baik jika baju atau produk yang Anda jual dipakai oleh model, jadi pelanggan bisa lebih mudah membayangkan 

7. Tawarkan Bebas Biaya Kirim
Sejumlah pelanggan kadang merasa enggan berbelanja baju online karena mahalnya biaya kirim. Anda bisa melihat ini sebagai peluang. Dengan penghitungan tepat dan tak harus membuat Anda rugi, Anda bisa menjual barang-barang tertentu dengan bebas biaya kirim.

8. Ketentuan Penggantian Barang
Saat membeli baju secara online, terkadang pelanggan tidak benar-benar tahu ukuran yang pas. Dan, setelah membeli sebuah baju dan ternyata setelah dipakai tidak pas, pelanggan tersebut mungkin ingin menukarkan barang tersebut. Jika Anda memang memberikan penawaran penggantian atau penukaran barang, pastikan detail atau rinciannya Anda sampaikan sejak awal pembelian.

9. Manfaatkan Sosial Media
Diperkirakan pada tahun 2015 nanti, 50 persen penjualan online dilakukan melalui jejaring sosial media. Memiliki sebuah situs toko online saja belum cukup dan tidak akan maksimal jika Anda tidak memanfaatkan sosial media. Jadi, segera buat akun di sejumlah sosial media seperti Twitter, Facebook, dan Instagram sebagai media promosi dan mencari pelanggan-pelanggan baru dari seluruh belahan dunia.

Memulai sebuah usaha toko online perlu sejumlah langkah dan proses yang bertahap. Kesuksesan bisnis Anda diawali dengan seberapa tangguhnya Anda membangun bisnis Anda sejak nol. Selamat berbisnis dan semoga sukses, Ladies!

Sumber:
http://www.vemale.com

No comments :

Post a Comment