Keterampilan/keahlian untuk bisa berhubungan dengan orang lain merupakan kemampuan yg wajib dimiliki untuk bisa meraih kesuksesan. Dalam kutipannya, John Maxwell seorang novelis terkenal menulis bahwa “keberhasilan hidup berasal dari memulai hubungan dengan orang yang tepat & kemudian memperkuat hubungan hubungan itu dengan menggunakan keterampilan yang baik dalam berkomunikasi”. Berikut adalah beberapa tips untuk mampu membangun hubungan yang baik dengan orang lain.
- Tersenyumlah
Senyum adalah bahasa keramahan yang universal. Artinya dimana pun Anda berada, ketika tersenyum pada seseorang hal itu pasti diartikan sebagai sebuah sikap ramah. Bahkan ada yang mengatakan bahwa “senyum adalah lengkungan kecil yang mampu menyelesaikan banyak masalah besar.”. Dalam kaitannya dalam menjalin hubungan dengan orang lain banyak sekali kandungan manfaat yang ada dalam senyuman, antara lain : membuat mood tetap positif, membuat kesan bersahabat kepada orang lain, dsb.
- Berusahalah untuk “hadir”
Anda bisa di satu tempat, tapi sebenarnya Anda tidak hadir di sana. Contoh : badan fisik ada di ruangan kantor, tapi hati ada di lapangan futsal. Nah, untuk berkomunikasi dengan orang lain dan membangun koneksi yang baik maka Anda harus bersedia hadir secara fisik maupun mental. Dengan “hadir” maka Anda akan memberi kesan menghargai mereka & siap mendengarkan mereka secara fokus.
- Lakukan Kontak Mata.
Dalam berkomunikasi, kontak mata sangatlah penting. Anda perlu menatap lawan bicara Anda, tapi jangan sampai terkesan melototinya. Bayangkan saja jika ada seseorang berbicara pada Anda tanpa menatap mata Anda, pasti Anda akan merasa kurang dihargai. Para peneliti menyelidiki & melihat seberapa banyak kontak mata yang umumnya terjadi dalam interaksi satu lawan satu. Hasilnya? Kebanyakan orang melakukan kontak mata sebanyak 45-60% dari jumlah waktu yang mereka gunakan.
- Hafalkan & sebut nama lawan bicara Anda
Orang akan sangat merasa dihargai ketika namanya dihafat & sering diucapkan dalam sebuah percakapan. Dale Carnegie (Bapak Motivasi Amerika) berkata bahwa : “Hal paling merdu didengar oleh seseorang adalah ketika ia dipanggil namanya.”. Jadi usahakan untuk selalu hafal nama lawan bicara Anda.
- Sedikit bicara banyak mendengar
Orang sering salah kaprah bahwa esensi dari komunikasi itu adalah berbicara. Padahal yang benar adalah mendengarkan. Setiap orang suka didengarkan, itu sebabnya Tuhan memberi 1 mulut & 2 telinga agar Anda bisa lebih banyak mendengarkan daripada berbicara. Orang akan merasa sedih & tidak bahagia ketika “tidak didengarkan”, diacuhkan atau dikucilkan.
- Berusaha memahami
Stephen Covey (ahli menejemen dunia) mengatakan salah satu kebiasaan orang sukses adalah berusaha memahami orang lain terlebih dahulu, baru minta untuk dipahami. Caranya? Pertama dengan berfokus kepada lawan bicara. Ketika berbicara dengan seseorang, perhatian Anda wajib diarahkan kepada lawan bicara Anda. Jika Anda suka lirik kanan-kiri, lawan bicara Anda akan tau bahwa Anda tidak memperhatikan dirinya. Kedua, berempatilah. Empati adalah kemampuan untuk memahami & merasakan perasaan orang lain. Contoh, ketika teman Anda sedang senang, maka Anda paham & bisa merasakan kegembiraannya & Anda akan tersenyum. Begitu pula jika teman Anda sedang sedih, Anda juga dapat mengertinya.
Akhir kata, jika Anda ingin meningkatkan peluang sukses dalam hidup ini, salah satu caranya adalah belajar membangun hubungan yang lebih baik dengan orang lain!
Sumber : http://www.axltwentynine.com
No comments :
Post a Comment