Thursday, August 8, 2013

Tips Berat Badan Stabil Setelah Lebaran


TAK terasa Lebaran tinggal sebentar lagi, berbagai hidangan lezat saat Lebaran bisa membuat Anda tergoda dan merusak program diet yang sedang Anda lakukan. Liburan panjang Idul Fitri memang melibatkan banyak acara makan-makan. Mulai dari ketupat, opor ayam, sambal goreng sampai berbagai kue-kue kering manis yang menggugah selera. Tidak heran kalau banyak orang yang justru bertambah berat badannya setelah libur Lebaran.
Nah, berikut ini ada beberapa tips agar berat badan Anda tetap stabil setelah Lebaran:

Makan dengan porsi kecil
Ambil makanan dalam porsi sewajarnya. Jika ada banyak pilihan makanan yang ingin Anda cicipi, kurangi porsi masing-masing makanan di dalam piring. Usahakan menghindari kue-kue kering dan cake karena kaya akan lemak.

Konsumsi buah-buahan
Perbanyak asupan buah-buahan segar seperti apel dan jeruk. Dan sebelum bersilaturahmi ke rumah teman atau kerabat, disarankan untuk mengisi perut dengan buah-buahan atau sayuran. Perut yang tidak lapar sedikit banyak akan membantu mengurangi selera makan.

Kontrol kalori
Tak sedikit orang mengalami kenaikan berat badan setelah berpuasa dan lebaran. Hal ini karena tidak adanya kontrol yang baik terhadap jumlah kalori yang masuk dalam tubuh. Sesuaikan kebutuhan kalori dengan asupan kalori yang dikonsumsi.

Minum air putih
Alangkah baiknya jika Anda mengonsumsi air putih yang banyak. Beberapa ahli medis sudah berkali-kali menyebutkan bahwa air putih sangat bermanfaat untuk membuat tubuh langsing. Nah, pastikan Anda tetap mengutamakan minum air putih ketimbang minuman lainnya.

Olahraga
Olahraga mungkin menjadi satu rutinitas yang diabaikan usai Lebaran. Untuk tetap memiliki tubuh langsing ideal selain pola makan Anda juga harus rutin olahraga. Olahraga berguna untuk membuang racun-racun yang bersarang di tubuh. Olahraga juga dipercaya sebagai cara yang paling sehat membakar kalori berlebih dalam tubuh.

Sumber : http://www.suaramerdeka.com

No comments :

Post a Comment