Friday, September 27, 2013

Menjadi Luar Biasa



Tentang dasar pembentukan karakter manusia luar biasa itu adalah:

1. Orang luar biasa itu sadar diri.
Kesadaran diri adalah ujung pangkal pengelolaan diri meraih prestasi. Jamak bagi kita bahwa prestasi melekat dalam pribadi orang luar biasa. Mereka sadar sebelum akhirnya menyadarkan. Mereka tergerak sebelum akhirnya menggerakkan. Mereka show  sebelum akhirnya share. Sadar adalah sebentuk terma untuk menengarai kekuatan. Kekuatan pengubah dari lemah menjadi kuat, dari biasa menjadi luar biasa, dari nobody menjadi somebody.

2. Orang luar biasa itu memiliki ketajaman spiritual
Spiritual oleh orang kebanyakan sering dikaitkan dengan agama. Aksentuasi yang paling tepat dari istilah ini sesungguhnya terkait dengan aspek pemaknaan atas segala sesuatu. Sehingga apapun agamanya, pemaknaan selalu dapat muncul atau dimunculkan sebagai spirit kehidupan. Spiritual adalah puncak kebutuhan, karena terkait dengan aspek-aspek  pemaknaan, hidup bertujuan, berintegritas dan memiliki sumbangan hidup yang bermanfaat.  Ia tidak lagi hanya berkutat pada diri sendiri, tapi sekaligus pada hal-hal diluar dirinya, pada kemanusiaan universal dan pada peradaban.

3. Orang luar biasa itu berbuat atas dasar keyakinan
Keyakinan adalah dasar kita melakukan sesuatu, sekaligus sumber semangat dan motivasi.

4. Orang luar biasa itu hidup berprinsip
Prinsip adalah inti kekuatan untuk perubahan hidup yang lebih baik. Dengan prinsip manusia bukan lagi seonggok daging yang bertulang, lebih dari itu, dia menjadi makhluk yang paling mulia dan berharga dari makhluk manapun.

5. Orang luar biasa itu hidup dengan semangat kemuliaan
Orang yang luar biasa itu memunyai semangat yang menggebu, gigih, dan pengorbanan untuk meraih tujuan tertentu, misal membahagiakan orang tua, istri/suami atau anak-anak. Dan semangat itu melazimkan pengorbanan atas apa yang dimilikinya, berupa materi, tenaga, pikiran bahkan terkadang jiwa, untuk memenuhi apa yang diinginkan.

6. Orang luar biasa itu berakhlak mulia
Akhlak atau karakter bukanlah hal yang statis. Ia bersifat dinamis, asal kita punya komitmen pembelajar sejati yang selalu tergerak untuk memperbaiki diri. 

7. Orang luar biasa itu hidup bertabur manfaat
Hadits Nabi, "Sebaik-baik manusia adalah yang paling banyak manfaatnya bagi sesamanya" Menjadi paling bermanfaat, adalah motivasi orang hebat yang luar biasa. Mereka tak pernah berhenti mencari-cari peluang amal kebaikan. Ketik dapat, mereka menjadi orang pertama yang mengambil pekerjaan itu, dengan penuh kesungguhan bahkan bertabur prestasi. 

Awalnya hanyalah sebentuk pengetahuan, kemudian berlanjut menjadi keputusan dan berbuah pelaksanaan yang konsisten. 

Maka jadilah Anda orang luar biasa !

Sumber : milis SBN

No comments :

Post a Comment