Friday, July 4, 2014

Tips Berpuasa Untuk Penderita Maag


Penderita maag tidak boleh telat makan dan perut kosong. Akan tetapi saat bulan Ramadhan, umat Islam wajib menjalankan puasa. Lalu bagaimana cara berpuasa untuk penderita maag?

Sebelum membahas lebih jauh tentang boleh atau tidaknya puasa bagi orang yang sakit maag, marilah kita ketahui lebih dulu tentang sakit maag itu sendiri.

Sakit maag dibagi dua, yaitu sakit maag fungsional dan maag organik. Sakit maag fungsional yaitu sakit maag yang disebabkan karena pola makan yang tidak teratur, makan makanan berlemak, pecandu kopi, minum minuman yang bersoda, merokok dan stress. Sakit maag fungsional terjadi bukan karena kerusakan di dalam lambung. Sedangkan sakit maag organik yaitu sakit maag yang disebabkan karena terjadinya kerusakan saluran pencernaan sehingga menyebabkan kerjanya tidak normal dan menyebabkan maag. Kerusakan tersebut seperti seperti tukak lambung, tukak usus duabelas jari, GERD (Gastroesophageal reflux disease), polip atau kanker di kerongkongan, usus duabelas jari dan lambung.

Berdasarkan jenisnya, penderita maag fungsional justru akan membaik jika menjalani puasa. Pasalnya pola makan ketika puasa menjadi lebih teratur dan mengurangi makanan yang tidak sehat penyebab maag. Jika biasanya ketika tidak puasa sering ngemil makanan seperti keripik, gorengan, makanan berlemak dan makanan pedas serta sering minum kopi, maka ketika puasa makanan seperti itu akan bisa dihindari.

Namun untuk penderita sakit maag jenis kedua yaitu maag organik di mana terdapat gangguan atau kerusakan pada saluran pencernaan maka tidak diperbolehkan menjalani puasa. Penderita maag organik yang mengalami perdarahan pada lambung dengan gejala muntah darah atau buang air besar dengan warna hitam yang terjadi berulang-ulang sebaiknya di rawat di rumah sakit. Penderita maag jenis ini tidak boleh menjalani puasa sampai sakitnya dinyatakan sembuh oleh dokter.

Agar penderita maag dapat berpuasa dengan nyaman, berikut tipsnya:


  • Jangan sampai lupa sahur dan berbukalah segera ketika waktu berbuka
  • Bagi yang menderita maag kronis, tetap minum obat dengan menyesuaikan waktunya seperti ketika berbuka, tengah malam dan ketika makan sahur.
  • Jalani ibadah Shalat Tarawih dengan rajin
  • Perbanyak mengonsumsi sayur dan buah ketika sahur dan berbuka
  • Banyak minum air secara berkala dari berbuka sampai waktu sahur
  • Cukup istirahat dan tidur namun tidak boleh berlebihan
  • Tetaplah jalani puasa dengan benar agar sakit maag yang Anda derita tidak kambuh ketika berpuasa. Namun apabila sakit maag yang Anda alami semakin parah karena menjalani puasa, sebaiknya konsultasikan dengan Dokter atau ahli.


Sumber :
http://alamiilmiah.com

No comments :

Post a Comment