Saturday, July 19, 2014

Urus Ini Sebelum Mudik

Sebab, bank akan tutup saat libur Lebaran.



Bank akan tutup saat libur Lebaran yang jatuh pada 28 dan 29 Juli 2014. Kegiatan perbankan pun akan terbatas saat cuti bersama tanggal 30 dan 31 Juli 2014. 

Keterbatasan layanan perbankan di pekan terakhir bulan ini, berarti Anda harus cepat-cepat menyelesaikan berbagai urusan perbankan. Anda pun bisa berlibur dengan tenang karena tidak ada urusan yang menggantung dengan bank.

Sebagai pengingat, ini urusan perbankan yang sebaiknya Anda selesaikan di pekan terakhir sebelum liburan:


1. Transfer dana

Jika Anda harus mentransfer pembayaran ke berbagai pihak, lakukanlah semua di pekan terakhir sebelum libur panjang. Layanan bank akan terbatas di saat liburan, dan ini akan memperlambat transfer penting Anda. Selain itu, bank Anda bisa saja tidak mempunyai cabang atau ATM untuk memproses transfer di daerah yang Anda tuju.

Jika Anda perlu mencairkan dana, dari cek misalnya, lakukanlah segera juga.


2. Bayar kartu kredit

Bayar cicilan kartu kredit Anda sebelum meninggalkan kota karena tidak semua ATM di daerah melayani pembayaran kartu kredit. Membayar lebih awal juga memastikan Anda tidak terkena bunga berbunga.


3. Cicilan KPR, kredit kendaraan, dan KTA

Periksa juga apakah ada cukup dana di rekening Anda untuk pembayaran cicilan KPR, kredit kendaraan maupun KTA. Kalau Anda tidak menggunakan fasilitas auto-debit untuk pembayaran cicilan, maka sebaiknya Anda sudah mentransfer segala pembayaran cicilan yang menjadi tanggung jawab Anda.


4. Bayar asuransi

Jangan juga lupa untuk membayar premi asuransi jika asuransi Anda tidak menggunakan sistem auto-debit. Sama seperti kartu kredit, tidak semua ATM ataupun cabang di daerah bisa melayani transfer ke perusahaan asuransi Anda.


5. Bayar listrik dan air

Pastikan bahwa semua tagihan listrik dan air sudah terbayarkan. Jika Anda menggunakan fasilitas auto-debit lewat rekening Anda, pastikan bahwa ada cukup dana untuk membayar tagihan bulanan. Jika Anda belum menggunakan fasilitas auto-debit untuk pembayaran tagihan listrik dan air, Anda sebaiknya mulai mengurus ke bank agar pembayaran akan dilakukan otomatis setiap bulan.


6. Top-up kartu prabayar

ATM yang digunakan untuk top-up kartu prabayar tidak tersedia di banyak tempat. Jadi, jangan sampai lupa untuk top-up kartu ini. Kartu prabayar, khususnya yang bisa digunakan untuk membayar tol, berguna dalam mengurangi banyaknya uang cash yang Anda harus bawa ketika mudik atau berlibur.

Anda sebaiknya tidak menunda-nunda semua urusan perbankan hingga Jumat karena beberapa layanan, seperti transfer, memerlukan waktu untuk diurus. Anda pastinya tidak mau terpaksa mengantre lama dengan semua orang yang juga perlu untuk mengurus keperluan mereka sebelum bank tutup. Semakin cepat Anda mengurus kewajiban Anda, semakin tenang Anda saat mudik. 


Sumber :
http://bisnis.news.viva.co.id

No comments :

Post a Comment