Wednesday, November 6, 2013

Motivasi dan Alasan Berbisnis


Ada banyak cara untuk mendapatkan penghasilan, baik bagi pria ataupun wanita. Mulai dari bekerja di sebuah perusahaan, memiliki saham, menjadi distributor barang, termasuk membuka sebuah usaha bisnis milik sendiri dan masih banyak lagi. Membuka sebuah usaha bisnis atau lebih sering menggunakan istilah wirausaha adalah peluang yang bagus, tak hanya sebagai media untuk memperoleh pendapatan sendiri dengan mandiri, ada alasan lain mengapa Anda bisa memilih untuk berwirausaha.

1. Pendapatan Tak Terbatas

Inilah yang menyenangkan dari memulai bisnis dari diri Anda sendiri, Anda akan memperoleh pendapatan yang tak terbatas. Berbeda dengan bekerja pada perusahaan atau orang lain di mana pendapatan Anda sudah ditentukan besarnya setiap bulan. Kenaikan gaji memang ada, tetapi butuh waktu yang sangat lama, dan bila melihat kecenderungan di Indonesia, mayoritas perusahaan akan menaikkan gaji seiring dengan kenaikan harga barang-barang atau setelah ada pembaruan nilai upah minimun, sehingga kenaikan tersebut akan terasa sama saja.

2. Tak Perlu Menunggu Promosi

Bosan menunggu bertahun-tahun untuk mendapat promosi kenaikan jabatan padahal sudah melakukan yang terbaik untuk pekerjaan Anda? Dengan membuka usaha bisnis, Anda tidak perlu berlama-lama menunggu promosi kenaikan jabatan, karena secara otomatis, Anda sudah menjadi bos bagi diri sendiri dan orang-orang yang akan bekerja untuk Anda saat bisnis semakin maju dan besar. Kenapa tidak? Semua orang bisa menjadi bos dan memulainya dengan skala yang kecil terlebih dahulu.

3. Mengembangkan Hobi

Cara terbaik untuk memulai bisnis adalah.. lihat apa hobi Anda, karena dari sana Anda akan melihat banyak peluang untuk membuka sebuah bisnis. Anda suka masak, senang menggambar, hobi menjahit dan hobi-hobi tersebut mendapat respon serta pujian dari orang-orang sekitar Anda, nah tunggu apalagi? Tak ada yang lebih menyenangkan selain melakukan hobi dan mendapat penghasilan sebagai bonusnya. Banyak wirausaha yang sukses karena menekuni sebuah hobi yang tampak kecil tetapi menjanjikan hasil yang besar.

4. Memperluas Wawasan

Hobi bukan satu-satunya hal yang akan mengantar Anda untuk sukses. Saat Anda sudah membuka sebuah bisnis, akan ada banyak hal yang bisa Anda pelajari. Anda akan berhubungan dan menghadapi banyak orang, banyak watak dan banyak sifat. Anda akan belajar tentang keuangan, Anda akan belajar bagaimana membuka peluang baru, Anda akan belajar memperlakukan karyawan dengan baik. Dan masih banyak lagi pelajaran yang akan Anda terima, jauh lebih menyenangkan dari sekedar teori.

5. Impian Anda Tercapai

Dan dari semua hal yang menyenangkan di atas, impian Anda tercapai. Coba Anda hitung berapa banyak orang yang mengatakan, "Aku pingin banget punya usaha pakaian, tapi nggak ada modal," atau "Waktu masih muda dulu, impian saya punya usaha mebel, tapi karena dulu terpaksa kerja di kantor, impian tinggal impian,". Sekarang, keputusan di tangan Anda. Jangan takut untuk memulai dan merancang bisnis dari hal-hal yang kecil, karena dari sana ada sebuah peluang tersembunyi. Saat Anda tercapai, siapa tahu Anda juga telah mewujudkan mimpi orang lain. (vem/wsw)

Sumber : http://www.vemale.com

No comments :

Post a Comment