Sunday, November 3, 2013

7 Tips Tetap Fokus



Terdapat 7 hal untuk meningkatkan fokus, berikut saran dari Anthony Rostain MD, psikiater dari University of Pennsylvania School of Medicine, Philadelphia 

1. Biasakan mencatat
Catat aktivitas atau tugas harian yang tak boleh dilewatkan. Misalnya, ketika Anda ingin memulai conference call atau percakapan penting lainnya, lebih baik catat hal-hal apa saja yang ingin Anda sampaikan sebelum Anda melakukannya. Dengan mencatat  tiap poin, Anda pun siap dan fokus mendengarkan lawan bicara. 

2. Memetakan kegiatan
Dari hasil penelitian ditemukan fakta bahwa otak manusia dapat mengurusi 2 tugas secara bersamaan. Ketika datang tugas ketiga, otak akan kesulitan untuk mengerjakannya. Caranya, di pagi hari, petakan kegiatan Anda hari itu, termasuk tugas-tugas harian yang harus dikerjakan. 

3. Ciptakan lingkungan yang kondusif
Sesungguhnya lingkungan kerja yang kondusif ada di tangan Anda. Saat berhadapan dengan deadline, jika Anda fokus, Anda bisa bekerja di lingkungan yang sepi  maupun berisik.   

4. Prioritaskan tugas-tugas
Ada kecenderungan seseorang lebih senang menunda dan membiarkan tugas sampai menumpuk terlebih dahulu. Supaya tidak sampai terlambat, triknya, buatlah prioritas. Anda harus bisa menentukan prioritas: mana yang important dan mana yang urgent. Tentukan mana yang perlu segera dikerjakan lebih dulu, baru kemudian ke tugas lainnya.

5. Sempatkan istirahat
Jika kebosanan menurunkan produktivitas Anda, ambillah cuti singkat. Berjalan-jalan, yoga, menghirup udara segar, mungkin itu yang Anda butuhkan. Jika Anda telah selesai mengerjakan tugas, beri waktu istirahat untuk diri sendiri. Namun, hati-hati, chatting di Facebook bersama teman atau browsing video memang menyegarkan pikiran, tapi bisa membuat Anda menunda-nunda pekerjaan. Untuk itu, tentukan sendiri batasannya. 
  
6. Atur menggunakan timer
Gunakan teknologi untuk membantu Anda. Anda bisa menggunakan timer pada smartphone untuk mengatur jadwal hidup Anda, kapan Anda bangun pagi, berangkat kerja, dan janji bertemu. 

7. Rencanakan hal yang menyenangkan
Ada baiknya Anda memberi hadiah pada diri sendiri ketika berhasil menyelesaikan tugas dengan baik. Ngopi bersama sahabat,  nonton film favorit, atau berjalan-jalan di taman. Ini bukan saja bonus karena Anda berhasil menyelesaikan pekerjaan, namun membantu Anda melihat bahwa pekerjaan ini tidak selalu membosankan, lho.

Sumber : http://www.femina.co.id

No comments :

Post a Comment