Friday, February 28, 2014

Pilihan Bisnis Ibu Rumah Tangga


Sebagai ibu rumah tangga, tentunya ingin mendahulukan keluarga sehingga banyak yang akhirnya memilih berhenti bekerjaKeuntungannya, jadi lebih bisa punya banyak waktu bagi anak-anak dan dapat pula mendukung karir suami sepenuhnya. Tambahan lagi, dapat memberikan kasih sayang dan pelayanan terbaik bagi keluarga. Inilah salah satu harapan setiap ibu. 

Usaha ibu rumah tangga berupa usaha rumahan berskala kecil menengah. Para ibu rumah tangga sering kali ingin memiliki penghasilan sendiri disamping uang belanja yang diberikan oelh suami. Berbagai cara dilakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan ini. 

Tugas dan pekerjaan sebagi ibu rumah tangga hampir tidak mengenal waktu, bisa dianggap fleksibel karena pengaturan waktu dan pengerjaan tugas dilakukan sendiri oleh sang ibu, namun di sisi lain juga dapat dianggap pekerjaan terpadat yang pernah ada karena tidak akan ada habisnya selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu. 

Usaha ibu rumah tangga dengan modal kecil menjadi salah satu peluang yang selalu dicari dan juga ditawarkan, populer dari jaman ke jaman dan tidak pernah surut peminat. Selain menjual barang dengan sistem retur dan atau menjual jasa berbekal keterampilan pribadi, ada pilihan membangun usaha ibu rumah tangga dengan modal kecil yang lain seperti menjadi agen asuransi dan juga menjalankan bisnis MLM.  

Bisnis MLM sudah puluhan tahun menjadi sebuah bisnis yang dianggap cocok untuk menjadi usaha ibu rumah tangga, selain karena modal yang dibutuhkan pada umumnya sangat kecil untuk biaya pendaftaran, nyawa dari bisnis ini adalah merekrut atau mengajak orang lain untuk bergabung dan bersama-sama menjalankan MLM tersebut. 

Berbagai kegiatan sosial seperti arisan RT, mengantarkan anak sekolah dan sebagainya menjadi sarana yang cocok untuk mengembangkan MLM sebagai usaha ibu rumah tangga. Mengikuti perkembangan jaman, para ibu rumah tangga tidak lagi hanya berkutat di dapur, hampir 80% memiliki komputer pribadi di rumah untuk pergi online dan bersosialisasi melalui sosial media bersama teman-temannya di dunia maya. 

Usaha ibu rumah tangga yang dikembangkan pun bergeser dengan bantuan tekhnologi informasi ini. MLM pun banyak yang memberikan sarana pengembangan secara online kepada para member-membernya. 


Berikut ini adalah peluang usaha yang cocok untuk ibu rumah tangga.
  1. Membuka Butik : pakaian sangat disukai setiap orang, apalagi pakaian anak-anak yang biasanya langsung dibeli dalam jumlah banyak. Agar murah, berbelanjalah langsung dalam jumlah besar sesuai target pelanggan Anda. Dan, jangan lupa menyebarkan brosur kepada sekeliling rumah Anda agar wirausaha pakaian ini berhasil. Cermatilah lingkungan sekitar untuk mengetahui apa kira-kira selera pembeli.
  2. Berbisnis Multi Level Marketing (MLM) : pilihlah bisnis MLM yang modalnya kecil, barang-barangnya adalah barang kebutuhan sehari-hari yang cepat habis, perusahaannya terpercaya dan sistemnya adil. Jadi, peluang usaha MLM seperti ini dapat diandalkan menjadi tambahan penghasilan bisnis dari rumah. 
  3. Usaha Menjahit: bila para ibu mampu menjahit, bukalah wirausaha menjahit ini. Untuk tahap awal, mungkin harus bekerja sendiri dari rumah. Namun, bila keuntungan usaha telah diraih, dapat mengambil tenaga kerja tambahan. 
  4. Menulis buku: peluang usaha ini membutuhkan ketekunan terutama di tahap awal bila belum mendapatkan nama. Tetapi, tetap ada passive income yang bisa diraih sebagai keuntungan usaha. 
  5. Membuka Toko Online: barang yang dibutuhkan dapat merupaka stok sendiri. Atau, yang sekarang sedang marak adalah dengan metoda drop ship dimana barang sebenarnya berada di tangan distributor. Pada saat ada pemesanan barang, para ibu dapat memberikan notifikasi kepada distributor untuk mengirimkan barang kepada para pelanggan dengan menuliskan nama toko ibu sendiri. 
  6. Usaha Kue dan Masakan: seringlah menerima pesanan kue dan masakan bila adaevent tertentu. Bila sanggup secara finansial, usahakanlah mencari pelanggan. 
  7. Membuka Usaha Sprei dan Bedcover: mulai dari menjahit hingga memasarkan, berwirausaha sprei dan bed cover sangatlah menguntungkan. Pernah tidak membandingkan harga sprei buatan sendiri dengan di mall. Belum lagi, para ibu biasanya suka bila sprei selalu dalam keadaan bersih. 
Sumber:
http://www.chicwhiff.com

No comments :

Post a Comment