Saturday, March 15, 2014

Bisnis MLM vs Skema Piramida


Perbedaan Bisnis MLM dan Skema Piramida 

Sekarang ini sangat banyak model usaha yang dijalankan oleh masyarakat atau para pebisnis. Berbagai cara atau strategi mereka lakukan demi memuluskan usahanya. Namun situasi ekonomi yang sulit seringkali dimanfaatkan para oknum yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan berbagai cara kotor untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya, misalnya dengan menjalankan skema piramida. 

Anda pasti penasaran, apa itu skema piramida? Dan apa perbedaan bisnis MLM dan skema piramida? 

Skema piramida merupakan suatu proses di mana seseorang dianjurkan untuk merekrut orang lain agar mendapatkan penghasilan besar dari orang yang sudah direkrut tersebut.

Dari cara perekrutan sumber daya manusianya, tidak ada beda antara bisnis MLM dengan skema piramida. Namun Anda harus jeli menangkap perbedaan bisnis MLM dan skema piramida. Jika bisnis MLM adalah sistem penjualan yang dijalankan secara berkelompok yang biasanya melalui perekrutan anggota guna membentuk tim pemasaran secara bertingkat, sedangkan skema piramida adalah perekrutan anggota untuk mendapatkan penghasilan besar dari anggotanya yang berhasil direkrut tersebut, misalnya arisan berantai.

Bagi orang awam, mungkin sangat sulit untuk mengenali perbedaan bisnis MLM dan skema piramida, apalagi jika melihat iming-iming yang dijanjikan skema piramida yang cukup menggiurkan karenanya tidak mengherankan jika banyak yang terkecoh oleh bisnis model ini. 

Lalu, adakah cara yang tepat untuk mengenali ciri khas skema piramida dan juga bisnis MLM?

Pertama, yang bisa dikenali dari skema piramida adalah biaya investasi atau pendaftarannya yang sangat besar, hal itu tentu berbeda dengan bisnis MLM yang biaya pendaftarannya besarannya digunakan untuk mendapatkan starter kit.

Kedua, jika pada skema piramida bisa dipastikan tidak ada produk yang dijual, pada bisnis MLM pastinya memiliki produk yang jelas.

Ketiga, jika skema piramida, anggota akan mendapatkan penghasilan dari rekruitmen anggota lainnya, maka pada bisnis MLM anggota akan mendapatkan penghasilan dari kerja keras tim dalam memasarkan produknya.

Nah, jika menilik perbedaan dari kedua model bisnis ini, maka bagaimana cara kita menyikapinya? Mungkin bagi Anda yang belum mengenal secara baik apa itu bisnis MLM, Anda akan mudah menyamaratakan dengan skema piramida, padahal keduanya sangat jauh berbeda. 

Bisnis MLM yang dijalankan dengan baik dan professional akan menghasilkan jiwa wiraswasta yang cukup tangguh dalam memasarkan produk, merekrut anggota, dan yang pasti memiliki mental yang positif (pantang menyerah dan sabar dalam menghadapi penolakan dan sanggahan). 


Dari berbagai sumber

No comments :

Post a Comment