Monday, March 10, 2014

Usia Ideal untuk Memulai Bisnis


Untuk mendirikan bisnis, bukan hanya modal dan strategi yang perlu perlu dipikirkan. Faktor usia juga merupakan salah satu faktor penting yang perlu dipertimbangkan. 

Sebagian besar pengusaha mengungkapkan usia 25 bukan waktu yang tepat untuk mulai berbisnis.

Dalam buku `Breakthrough Entrepreneurship: The Proven Framework for Building Brilliant New Ventures` karya pengusaha besar Jon Burgstone dan Bill Murphy, orang-orang yang berusia 30 tahun ke atas memiliki lebih banyak pengalaman dan matang dalam berbisnis.

Banyak pengusaha sukses memulai bisnisnya saat berusia di atas 25 tahun. Terbukti, jumlah pengusaha sukses yang membangun bisnis di bidang teknologi rata-rata berusia 35-39 tahun. Jumlahnya dua kali lipat dari orang yang berusia di atas 50 tahun dan lebih muda dari 25 tahun.

Artinya, para pengusaha berusia 24-35 tahun masih dianggap berisiko untuk memulai bisnis sendiri. Menurut survei American Express, dari 16% orang yang memulai bisnis langsung setelah lulus, hanya 4% yang berhasil.

Sementara itu para pengusaha yang berhasil membangun bisnis diantaranya seperti Jimmy Wales pendiri Wikipedia, Michael Arrington pendiri TechCrunch serta Reed Hastings pembangun  Netflix. Seluruh pengusaha sukses tersebut berusia antara 35 hingga 42 tahun.

Namun diungkap Wales, para pemuda tak perlu takut unuk memulai sukses di usia yang lebih muda. Menurutnya, umur hanyalah angka tanpa makna dan tidak menentukan apapun dalam bisnis. 

Namun, tetaplah bermimpi hal-hal yang besar dan melakukan pekerjaan besar?

Jangan pernah berkata; “Ah saya masih muda dan belum pengalaman?”  

Justru orang yang sudah tua dan berpengalaman, sering kehilangan keberanian untuk melakukan perkara besar, karena hikmat membuat dia berhati-hati.

Usia muda bukan halangan untuk sukses.  Datanglah ke kantor pusat outlet modern seperti Carrefour atau Matahari, Merchandizer Managernya (MD), rata-rata usia 25-35 tahun, di Hero kantor Pusat tahun 1990, MD Managernya banyak usia 40-50 tahun.  

Demikian juga dengan Unilever maupun OT (Orang Tua Group) Marketing dan Produk Manager didominasi anak-anak muda, pergilah ke kantor pusat Televisi yang sedang naik daun seperti Trans TV dan Trans 7  engkau menjumpai profesional muda mendominasi gedung itu. Usia muda bukan halangan, justru peluang yang luar biasa. Keadaan yang tidak jauh berbeda saudara akan jumpai di dunia perbankan.

Lihatlah daftar orang sukses berikut ini, dan engkau akan setuju jika saya mengatakan; “Usia bukan batas seseorang untuk berkarya besar.  Batasnya adalah kalau dia berpikir bahwa usia menjadi batas, itulah yang membatasinya.”

Nelson Mandela, salah seorang tahanan politik terlama di dunia.  Beliau dipenjarakan hampir seperempat abad!  Akhirnya menjadi presiden Afrika Selatan saat berumur 76 tahun! Ronalds Reagen, menjadi presiden Amerika juga di usia 72 tahun.

Kolonel Sanders, setelah pensiun, dan di usia 60 th baru merintis bisnis ayam goreng, di Kentucy dan sukses luar biasa, sehingga saat ini franchise dari Kentucky Fried Chicken (KFC) miliknya menjadi mendunia.  Bisnis yang dirintis dan dimiliki oleh seorang opa.


Usia 0-6 th adalah masa anak-anak bermain, usia 7-23  th masa orang sekolah dari SD, SMP, SMA hingga S-1.  Jika dia meneruskan Master maka sampai 25-27 th.  Usia 25-30 mencoba mencari pekerjaan yang sesuai dan pindah lagi, usia dimana banyak orang memulai pernikahan dan masa produksi melahirkan anak. 

Usia 30-40 masa-masa berani mencoba dan gagal, atau saya sebut saja masa percobaan.   Jika engkau sekarang usia 40 atau 50 tahun dan belum berhasil, belum melakukan pekerjaan besar, maka belum terlambat, karena ‘kehidupan dimulai ketika usia 40’!  Jika engkau makan sehat, istirahat dan olahraga teratur, besar kemungkinan engkau masih bisa hidup 40-50 tahun lagi.

Sumber:
http://bisnis.liputan6.com
https://www.facebook.com/pages/INSPIRASI-SUKSES

No comments :

Post a Comment