Tuesday, May 6, 2014

Tip Sukses ala Bisnis Anak Muda


Sebagai anak muda yang ingin sukses dalam membangun bisnis, maka perlu mengikuti beberapa tips sukses ala bisnis anak muda.

1. Membangun Jaringan Bisnis
Sebagai pemula, hal utama yang harus dilakukan adalah membangun jaringan. Kemampuan bergaul dengan orang lain harus di atas rata-rata. Sebab, jaringan dan pertemanan yang luas adalah kunci berkembangnya bisnis.

2. Siap Menghadapi Risiko
Tidak ada jaminan pengusaha bisa mendapatkan pemasukan tetap setiap waktu. Tapi ketidakpastian dan risiko bisa disiasati dengan membuat perencanaan usaha yang baik, detail, dan realistis. 

3. Berani Mengatakan 'Bisa'
Pengusaha pantang mengatakan "tidak bisa". Potensi kehilangan pelanggan akan semakin besar bila pengusaha mengatakan tidak bisa menyediakan barang permintaan konsumen. 

4. Bekerja Keras, Tekun, dan Sabar
Pengusaha pemula harus sabar mengenalkan produk atau jasanya, apalagi bila usaha baru itu belum banyak dikenal masyarakat. Bahkan, kalau perlu, berani mendatangi pintu rumah satu per satu (door to door). 

5. Kartu Nama dan Kenalan Baru
Sedini mungkin buatlah kartu nama dan cantumkan hal yang Anda kuasai. Berikan kepada orang yang baru Anda kenal. Minimal, kartu itu akan membuat orang mengingat pernah mengenal Anda.

6. Melatih Naluri Peluang Usaha
Banyak usaha baru yang sebelumnya tidak terpikirkan ternyata berhasil karena besarnya faktor kebutuhan pelanggan. Menentukan arah usaha dan minat juga penting untuk memperdalam informasi.

7. Persuasi, Negosiasi, dan Bersikap Profesional
Berhubungan dengan pelanggan, berarti Anda harus selalu tepat waktu, sesuai dengan janji yang dijadwalkan, berpakaian rapi dan pantas, serta menepati kesepakatan yang telah dibuat. Negosiasi dan persuasi penting karena dalam dunia bisnis selalu ada permintaan dan penawaran.

Sumber :
http://koran.tempo.co

No comments :

Post a Comment