Friday, May 30, 2014

5 Pertanyaan Untuk Mengetahui Passion Anda


Banyak orang yang bilang bahwa untuk sukses dalam hidup ini kita harus menemukan passion atau minat kita yang sebenarnya. Mungkin sudah puluhan atau bahkan ratusan kali Anda mendengar orang-orang berkata seperti itu. Tapi, sebenarnya bagaimana sih agar kita bisa menemukan passion itu?

Seperti yang dilansir dari fastcodesign.com, setidaknya ada 5 pertanyaan yang perlu Anda jawab untuk menemukan dan memastikan apa passion Anda yang sebenarnya. So, luangkan waktu Anda beberapa menit saja untuk menjawab pertanyaan ini. Are you ready?


1. Apa yang Anda Percayai?


"Adakah sesuatu yang benar-benar Anda percayai tetapi masih diragukan oleh banyak orang?"

Pertanyaan ini memiliki maksud dua hal. Pertama, untuk membantu kita mengetahui hal yang paling kita minati. Kedua, untuk mencari tahu apakah sesuatu ini benar-benar layak untuk diperjuangkan karena berbeda dari yang lainnya.

Pertanyaan ini memang cukup sulit karena menyangkut sesuatu yang dipercayai oleh diri kita sendiri dan diragukan oleh orang lain. Tetapi ini juga menguji seberapa yakin kita akan sesuatu yang sebenarnya sangat layak untuk diperjuangkan.


2. Apa Kekuatan Super Anda?

"Apa saja kekuatan super yang Anda miliki? Atau kemampuan yang sekiranya paling Anda kuasai?"

Mungkin Anda bisa mencoba melihat kembali ke masa kanak-kanak Anda dan mencari tahu hal yang paling Anda suka lakukan saat itu. Eric Maisel seorang psikoterapis dan penulis menyebutkan bahwa hal-hal yang kita sukai saat masih kecil biasanya masih kita sukai sampai sekarang. Dan di situlah biasanya letak passion kita.


3. "Apa yang ingin Anda coba sekarang?"

Satu dari sekian cara terbaik untuk menemukan passion atau tujuan hidup adalah dengan melakukan eksperimen. Seperti yang dikatakan oleh Herminia Ibarra, seorang profesor di INSEAD dan penulis "Working Identity: Unconventional Strategies for Reinventing Your Career", bahwa yang perlu kita lakukan adalah melakukan aksi. We need to act. 

Jadi coba cari tahu apa yang paling ingin Anda coba saat ini. Cari tahu hal yang bisa membuat Anda merasa bergairah dalam mencobanya, di situlah passion Anda berada.


4. Ingin Jadi Apa 20 Tahun ke Depan?

"Melihat dari sisi karir Anda, ingin jadi apa di 20 hingga 30 tahun ke depan?" 

Dalam sebuah wawancara, CEO LinkedIn Jeff Weiner berkata bahwa ia sering melontarkan pertanyaan itu ke para calon pegawainya. Dan ternyata tak banyak yang bisa memberikan jawaban atas pertanyaan itu. 

Jadi, sekarang lah saat yang tepat untuk memberikan jawaban yang tepat untuk pertanyaan itu. Dengan menjawab pertanyaan itu, Anda setidaknya sudah memiliki gambaran dan tujuan hidup Anda. Passion Anda pun tak berbeda jauh dari tujuan dan gambaran hidup Anda di masa yang akan datang tersebut.


5. Siapa Anda?

"Jadi, siapa Anda?"
Pertanyaan terakhir bisa jadi yang paling singkat tetapi termasuk yang paling sulit untuk dijawab. Siapa Anda? Gambarkan diri Anda dalam satu kalimat singkat. Jika gambaran impian tentang diri Anda itu belum tercapai, Anda harus bergerak sekarang juga untuk mewujudkan gambaran impian tersebut.

Bagi sebagian orang, menemukan passion itu sangat mudah. Tapi tidak bagi sebagian orang yang lain. Terlepas dari itu semua, ketika Anda sudah menemukan passion itu, teruslah berjuang dan raih kesuksesan Anda dengan passion yang Anda miliki tersebut.


Sumber :
http://www.vemale.com

No comments :

Post a Comment