Monday, December 16, 2013

Bisnis Tapi Sering Rugi


Jika kita telah mencoba berbagai bisnis tapi lebih sering rugi daripada untungnya. Lalu saat menjalankan bisnis, dalam waktu yang cukup singkat saya merasa jenuh, bosan, dan ingin beralih ke bisnis yang lain. Maka bagaimanakah menemukan jenis wirausaha yang sesuai dengan karakter kita, dan terapi apakah agar kita bisa tahan banting dan bisa menekuni usaha yang dijalankan. 

Tentu semua dilakukan dengan proses mengalami serta melalui berbagai kondisi tertentu. Tidak mudah memang menemukan karakter yang bersesuaian atas bisnis yang kita akan jalani. Sebagian pebisnis juga berjalan dengan alur yang terlihat alamiah, tetapi sebenarnya tidak demikian kenyataannya.

Banyak yang menyebutkan bahwa bisnis yang ditekuni dengan hati adalah yang terbaik untuk dikembangkan menjadi sebuah hobi bernilai bisnis. Karena dengan senang hati, maka hal itu membuat kita tidak mengalami tekanan maupun pemaksaan. Bahkan pada beberapa aspek tertentu dapat mengembangkan inovasi dan berimprovisasi guna melakukan pengembangan.

Kerugian adalah hal yang wajar dalam bisnis karena ada probability kegagalan, namun yang terpenting adalah memetik pelajaran dari apa yang telah terjadi, serta bangkit untuk mempersiapkan strategi yang lebih sesuai dengan kondisi yang akan dijalani.

Kondisi seperti diatas merupakan hal yang perlu diperbaiki karena fokus dalam pendalaman usaha adalah hal terpenting untuk dapat melakukan pengembangan bisnis itu sendiri. Tertarik secara aktif diawal namun kemudian bosan adalah kegagalan untuk memberikan semangat pada diri sendiri akan peluang masa depan dari bisnis yang dikelola.

Sebaiknya sebelum memulai usaha, lakukan pencermatan dan analisa serta membuat skema bisnis yang sederhana dari product sampai delivery ke konsumen dan pemasaran. Karena dengan demikian, akan terdapat banyak aspek yang bisa diimprovisasi setiap waktu dan hal itu dipastikan tidak akan membuat kita bosan, terlebih bila pilihan bisnis itu dijalankan dengan kesesuaian serta kematapan hati.

Tetap semangat dan salam Entrepreneur. (EK)

Sumber : 
http://www.republika.co.id

No comments :

Post a Comment