Thursday, December 19, 2013

Fokuslah pada Bisnis, Bukan pada Uangnya


Pinjam uang ke Bank untuk bisnis itu gampang, meski nggak punya usaha/bisnis atau kerjaan alias penghasilan juga kredit bisa keluar. 

Tapi masalahnya bukan itu, yang sulit itu bukan bagaimana cara ngajuin kredit sampai cair, yang susah itu adalah saat PEGANG uangnya ketika kredit itu cair.

Oleh karena itu salah jika kita yang belum punya bisnis sibuk nyari kredit buat BIKIN BISNIS…
Ini yang salah, hutang itu untuk mengembangkan bisnis bukan untuk bikin bisnis.

Ketika Anda tidak punya uang, pasti di kepala Anda banyak sekali ide yang muncul, kalau saya ada uang 1 Milyar, maka saya akan buka bisnis ini, itu, dsb.

Tapi ketika uang itu ada ditangan, ide yang asalnya ada di kepala itu hilang, akhirnya itu uang bisa habis nggak karuan. Kebayang kalau itu uangnya dari hasil utang? Yang ada tinggal kewajiban, bisnisnya nggak jelas.

Jadi mulailah ber-bisnis dengan kondisi yang ada disekitar kita. Fokus sama bisnisnya, jangan fokus pada uangnya. Yang sering anda jadi fokus sama uang, ujung-ujungnya nyari pinjaman alias kredit.

Kalau bisnisnya sudah mulai dan jalan, baru cari pinjaman/kredit untuk mengembangkan bisnisnya (itupun kalau perlu), jadi begitu pinjaman itu cair, tuh uang fokus masuk ke bisnis.

Jangan dibalik !!

Semua kan butuh uang?
Bener !!  Tapi tidak semua bisnis harus dimulai dengan uang besar.

Yang ada, banyak bisnis besar dimulai dari tanpa uang atau dgn modal uang yang sangat sedikit.

Modal besarnya itu KEMAUAN !!!

Hendi Setiono jadi milyader saat ini dengan modal 3-4jt bikin gerobak kebab turki, mas Arief Theo itu mulai jualan parfurm dgn modal kurang dari 2jt, Muchammad Nur Aziz Hanafi punya omset ratusan juta saat ini diawali dgn modal kurang dari 1jt. Dan masih banyak lagi contoh kalau mau disebut satu persatu.

Lantas, masihkan uang itu jadi kendala Anda dalam memulai bisnis?

Sumber :
http://kampungwirausaha.com

No comments :

Post a Comment