Wednesday, October 9, 2013

Berbisnis Sambil Bekerja Kantoran


Mayoritas dari kita masih berstatus sebagai karyawan. Ada banyak pertanyaan yang sering menjadi bahan atau topik bahasan sesama pekerja di kantor, misalnya apa bisnis sambil kerja dikantor, bisnis dikantor sambil kerja, bisnis sampingan karyawan, bisnis yang tepat sambil bekerja, bisnis yang cocok untuk karyawan.

Tetapi sebenarnya apa saja cocok yang penting mau, persoalannya selama ini selalu mencari yang cocok sehingga tidak pernah jadi, 1tahun, 2tahun hanya mencari yang cocok. Coba saja kalau dimulai pasti akan cocok, nah kalau tidak dimulai bagaimana caranya tau bisnis sampingan yang cocok untuk karyawan sementera belum dicoba.

Sebagai karyawan, pekerjaan kantor ataupun pabrik seringkali mengikat. Selain itu, penghasilan juga terbatas. Terbayang jika memulai usaha sendiri, tentu akan bisa menambah penghasilan. 

Setiap orang bisa memulai bisnisnya sendiri pada satu titik, tentu saja jika masih bekerja berarti ada pengorbanan tambahan seperti mengurangi waktu istirahat dan juga akhir pekan untuk fokus pada usaha sambilan tersebut. Tetapi bagaimana cara memulainya?

Berikut tips mulai berbisnis sambil bekerja, saat pekerjaan dan bisnis anda berjalan seimbang.:

Mulailah dari apa yang Anda sukai
Mulailah dari hobby, kalau kita memulai dari apa yang kita suka, tidak ada istilah malas atau bosan. 

Pilih dan kenali pasar, dengan mengetahui target pasar yang tepat, pemilihan barang dan desain akan menjadi lebih terarah tapat sasaran. 

Pelajari produk yang sedang ngetren, ini penting agar barang anda selalu diminati dan akhirnya laris di pasaran, karena barang anda selalu uptodate.

Harga terjangkau, ini tepat untuk memancing klien agar berbelanja lebih banyak dan sering, sesuaikan harga sesuai usia dan pekerjaan konsumen, anda pasti tau dong ukuran penghasilan teman2 dikantor.

Lakukan sebagi selingan, nikmati setiap kerepotan dalam menjalankan bisnis ini, jangan sampai stress saat tidak laku. Anda kan masih memiliki pekerjaan utama.

Menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan usaha sampingan
Utamakan pekerjaan utama, pekerjaan anda di kantor sebaiknya menjadi prioritas utama. Hindari berdagang terlalu sering di kantor, hingga anda terkesan mengabaikan tugas-tugas. Anda akan malah disorot kurang profesional.

Bangunlah hubungan dengan sebanyak mungkin orang
Pertama, mengapa hubungan itu penting, mereka bisa saja menjadi relasi bisnis Anda.  Dengan pertemanan, Anda mungkin bisa membuka peluang-peluang bisnis yang sebelumnya tidak terpikirkan. Atau hal yang lain, bisa saja suatu saat mereka menjadi klien Anda.

Ingatlah prinsip dasar bisnis ini : buy low, sell high, pay late, collect early
Jika berbisnis tentu barang yang Anda jual harus Anda beli dengan harga yang lebih murah supaya dapat untung. Jika bisa, kerjasamalah dengan pihak distributor sehingga bisa bayar di belakang, dan barang yang tidak laku bisa ditukar atau dikembalikan. Untuk pembeli, tentu harus bayar dimuka baru barang dikirim atau maksimal adalah bayar di tempat yang dikenal saat ini sebagai COD (cash on delivery).

Pastikan kualitas barang Anda sesuai dengan yang Anda tawarkan
Menjaga kepuasan pelanggan sangat penting dalam bisnis, untuk itu pastikan kualitas barang yang Anda jual persis seperti yang Anda promosikan.  Selain itu, ada beberapa tips seperti memberikan garansi atau jaminan uang kembali juga bisa menarik pelanggan.


Seperti semua usaha lainnya, memulai bisnis sampingan tetap ada resiko yang harus ditanggung. No pain, no gain, tidak mungkin menghindari resiko jika Anda ingin meraup keuntungan. Yang bisa dilakukan adalah meminimalkan resiko.


Sumber :
http://eriantosimalango.wordpress.com
http://www.jawaban.com

No comments :

Post a Comment