Wednesday, October 2, 2013

Mental Harus Kuat jika Mau Berbisnis


Untuk menjadi entrepreneur sukses ternyata bukan uang yang jadi penentu. Yang utama justru modal non uang seperti mental dan karakter seseorang. 

Baik yang memulai usaha kecil maupun yang besar, masalah mental dan kesiapan ini kerap menjadi batu sandungan. Sayangnya, baik di rumah maupun di sekolah, kesiapan mental berwirausaha ini juga kurang dibina. 

Terlepas usahanya besar ataupun kecil, kesiapan mental ini menjadi penting.

Kesiapan mental ini juga menentukan keberlangsungan usaha. Termasuk bisa mengganggu keharmonisan berumahtangga. Menurutnya, pelaku usaha mikro saat ini juga banyak dijalani perempuan. 

Karena seringkali ketika seorang perempuan sukses berbisnis kemudian mengalami masalah dalam rumahtangganya. Kesiapan ini mestinya juga menjadi perhatian walaupun bersikap nonteknis. 

Untuk siap secara mental dan memberikan beberapa tips. Di antaranya, tiga langkah berikut:

Pertama, motivasi harus kuat. 
Misalkan karena untuk pendidikan anak, maka mesti ada uang. Dengan begitu terus menjalani usaha sampai sukses supaya bisa meneruskan pendidikan anak sampai ke pendidikan tinggi. 

Kedua, tidak punya rasa malu. 
Dalam sisi positif ini menjadi penting. Ketika melakukan pemasaran, maka rasa malu mesti dihilangkan dulu. Bersikukuh untuk terus mencoba, walau kerap ditolak. 

Ketiga, konsistensi dalam menjalankan usaha. 
Seringkali dalam menjalankan bisnis seseorang terkendala dengan rasa putus asa, lalu berhenti di tengah jalan. Inilah yang mesti disiasati dengan baik, bagaimana tetap bertahan dan terus berusaha, tanpa menyerah.

Sumber : http://female.kompas.com

Penulis : Rahman Indra
Editor : Felicitas Harmandini

No comments :

Post a Comment