Wednesday, June 4, 2014

Mencoba Karier di Luar Minat


Selama ini sudah sering Anda mendengar bahwa teman Anda kuliah di jurusan A dan malah bekerja di bidang B. Atau salah satu kerabat Anda dulunya bekerja di bidang B kini beralih bekerja di bidang C yang jauh berbeda dari bidang yang selama ini sudah digelutinya. Anda tertarik untuk mengetahui lebih lanjut? mencoba karier di luar minat dan jurusan ketika kuliahnya tidak ada salahnya kok. Mau tahu alasannya?

1. Mengembangkan kemampuan dan potensi pada diri

Selama ini Anda memiliki bakat dan potensi di luar bidang akademik jurusan kuliah Anda. Semisal fotografi, maka Anda bisa mencoba bekerja sebagai fotografer ketika Anda lulus. Mengembangkan bakat dan potensi yang ada pada diri tidak ada salahnya selama serius dan konsisten. Siapa tahu memang takdir Anda bekerja pada bidang yang selama ini Anda sukai dan tekuni.

2. Menumbuhkan rasa percaya diri

Ketika Anda yang bukan sarjana ekonomi melamar menjadi posisi marketing maka tantangan Anda akan jauh lebih besar daripada Anda melamar di posisi karier yang sesuai dengan jurusan kuliah Anda. Dengan Anda memberanikan diri dan mengasah kemampuan bahwa Anda bisa, maka Anda telah menumbuhkan rasa percaya diri pada diri Anda dan yakin bahwa Anda bisa belajar bidang yang selama ini tidak Anda pelajari.

3. Mendapatkan kualifikasi yang unik

Bila Anda seorang graphic designer maka tidak menutup kemungkinan Anda bisa beralih pekerjaan menjadi Public Relation. Seorang PR dituntut untuk bisa membuat program PR yang bagus dan bisa menyampaikannya secara visual. Anda sudah memiliki kelebihan dalam eksekusi visual dan itu menjadi modal Anda. Sama seperti karier lainnya, sebenarnya dalam beberapa bidang semuanya saling silang dan berkaitan.

Bila Anda merasa belum sreg dengan pekerjaan yang Anda geluti selama ini, Anda bisa memikirkan untuk beralih pekerjaan ke bidang baru yang selama ini belum pernah Anda kerjakan. Selama Anda mau belajar dan Anda menunjukkan bahwa Anda bisa maka tidak menutup kemungkinan Anda bisa sukses di bidang yang jauh dari dunia Anda selama ini.

Sumber :
http://www.vemale.com

No comments :

Post a Comment